gambar jadi teks

temen-temen pernah dapet file (berkas) tertulis dalam bentuk gambar? Seperti artikel, essay, diktat, dan sebagainya tetapi tersimpan dalam memori komputer sebagai gambar (jpg, jpeg, png, tif, bmp, dsb, etc, jste). Lalu kpengen diedit isinya, format penulisannya, diterjemahkan, atau sekedar di-copypaste untuk diambil sebagian. Tentunya ada harga yang harus dibayar, yaitu membaca artikel itu lalu mengetik ulang. Untuk tulisan pendek, hal ini menyenangkan untuk dilakukan. Begitu pula bila kebetulan artikelnya berisi ulasan kesukaan kita, pasti menyenangkan. Tapi apa jadinya kalau artikel ini berisi tulisan yang luar biasa panjangnya (seperti diktat kuliah, atau handbook, atau manualbook), dan membosankan pula??

Harga itu bisa sibayar oleh kemajuan teknologi. Saya pengen cerita tentang OCR, kependekan dari Optical Character Recognition. Seperti namanya, program ini bekerja mengenali karakter (huruf dan angka) secara optikal, atau visual, secara ‘penampakan’. Sebetulnya software ini bukan teknologi baru dan mutakhir. Saya pun sudah menggunakannya dulu, dengan software bawaan scanner UMAX. Tapi berhubung saya sering menggunakannya belakangan ini dan merasa sangat terbantu, maka saya tertarik untuk cari tau lebih banyak.

Software ini dapat mengenali sebuah karakter yang tampak pada sebuah gambar atau tampilan. Dia bekerja dengan membandingkan bentuk goresan atau tampilan pada sebuah gambar lalu membandingkannya dengan jenis karakter yang paling mirip, yang ada dalam database dia. Lalu software akan menyusun rangkaian huruf tersebut dalam sebuah kata. Dengan pengaturan bahasa yang kita pilih, maka software akan membandingkan apakah kata tersebut ada dalam bahasa yang dipilih atau tidak. Pemeriksaan ini dilakukan untuk semakin mengurangi tingkat kesalahan hasil konversi.

 

Nah, ternyata sangat membantu kan?? Apalagi buat para mahasiswa yang doyan ngelahap henbuk.

Gimana cara ngedapetin software ini? Buat temen-temen yang punya scanner, kemungkinan installer software ini sudah ada dalam CD driver scannernya. Merk nya macem-macem. Salah satu contoh yang pernah saya pakai dulu adalah ABBY FineReader. Saya lupa versi berapa, tapi yang jelas kemampuan dia membaca cukup baik. Selain itu outputnya punya banyak pilihan,, bisa format tertulis di kolom dia, bentuk .doc, .rtf, dan .txt.

Yang pernah pake Adobe Acrobat 7.0 Professional juga mungkin sudah tahu bahwa software ini sudah dilengkapi OCR. Kemampuannya cukup baik. Namun sayangnya, karena memang merupakan add-on dalam software pdf reader, maka input berupa .pdf yang sedang aktif dan outputnya berupa salinan huruf dalam clipboard nya Windows. Nanti kita bisa paste di MsWord, MsExcel, ato apapun yang bisa nerima huruf.

Lalu, untuk teman-teman yang punya koneksi internet cukup baik, sekarang banyak juga fasilitas OCR online. Cukup dengan meng-upload file dalam bentuk gambar atau .pdf, satu klik, maka biarkan dia melakukan tugasnya. Outputnya berupa tulisan di jendela browser aktif. Bisa juga di-download dealam bentuk .doc. Tapi saya sarankan untuk menghemat quota cukup dengan mengcopy tulisan hasil pembacaan OCR lalu dipaste ke MsWord yang sudah dibuka di komputer kita sendiri. Yang paling sering kupake sih “Online OCR” di http://www.onlineocr.net/ beberapa OCR online lainya ada di http://www.free-ocr.com/ , atau http://www.newocr.com/ .

Silakan mencoba, semoga membantu. Tentu saja semua produk punya kekurangan dan kelebihan. Kalo temen2 punya penilaian ato tanggapan ato pengalaman pake OCR lainnya, silakan dibagi di komen sini ya😀 Terima kasih.

Pesannya: Buat para mahasiswa, jangan disalah gunakan. Teknologi diciptakan untuk mempermudah kerja manusia sehingga memberika hasil yang lebih baik. Bila ada tugas menyalin dan merangkum mohon diingat bahwa tujuannya adalah supaya kita membaca dengan teliti dan menelaah dengan cermat artikel tersebut. Jadi kalopun menggunakan fasilitas OCR, mohon tetap kerjakan tugasnya dengan baik dengan cara dibaca secara sungguh-sungguh. Selamat berkarya🙂

About aditbije

finding answer
This entry was posted in ceceran kececer and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s