Prinsip Kerja

Sesuatu yang penting ternyata tertinggal😀

Saya malah lupa untuk menuliskan prinsip kerja dari LFR. Oke, kira-kira beginilah prinsip kerjanya.

acrylic baseframe LFR (letsmakerobots.com)

LFR (Line Follower Robot) dibuat dengan tujuan utama bergerak mengikuti garis. Garis yang diikuti dapat berupa garis tampak, dengan warna garis yang kontras dengan warna latar disekitarnya, atau juga bisa berupa garis tidak tampak seperti susunan medan magnet yang membentuk suatu garis. Robot membaca kondisi garis melalui sensor yang kemudian mengirimkan data ke pengolah data. Pengolah data akan memutuskan gerak robot yang tepat agar bergerak mengikuti garis tersebut.

another LFR (robotics.penyet.net)

Bentuk paling sederhana dari sebuah LFR biasanya merupakan kendaraan darat sederhana yang bergerak mengikuti garis saja, atau ditambah beberapa tugas sederhana lainnya seperti memindahkan barang atau menghindari rintangan.

 

 

lfr turning (www.kile.stravaganza.org)

Pada bentuknya yang lebih rumit, LFR bisa diberi tugas-tugas khusus. Seperti mengambil dan meletakan barang (memindahkan barang) secara otomatis (dapat melakukan pemilihan sendiri), merekam seluruh langkah perjalannya kemudian mengirimkannya ke unit robot lain untuk mengikuti langkah robot tadi, mengambil keputusan pilihan arah belok saat di suatu persimpangan, dan berbagai macam tugas lainnya.

4WD car toy look LFR (connect.in.com)

Bicara tentang aplikasi lebih jauh lagi, LFR ini bisa dikembangkan menjadi sebuah kendaraan tanpa awak kemudi untuk keperluan transportasi sehari-hari. Misalkan dengan cara memberikan garis-garis tertentu di jalan raya. Lalu pengguna tinggal memasukan lokasi tujuannya, dan meluncur lah kendaran itu di sepanjang jalan raya.

 

Kira-kira begitu lah prinsipnya. Mengenai aplikasi dan modifikasinya hanya dibatasi oleh kreatifitas dan kerja keras manusia saja🙂

LFR race track (connect.in.com)

Preface

jmhmhmhhh

About aditbije

finding answer
This entry was posted in Membuat Line Follower Robot and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s