Konversi Satuan

Seorang ibu yang sedang masak buat katering meminta anaknya -kebetulan mahasiswa teknik mesin, semester tiga- untuk pergi ke pasar membeli cabe (yang mana kata gosip lagi mahal-mahalnya)

 

Kata bunda “Kiiii, Pleki.. Kamu jadi mo nganter buku ke rumahnya Mei-Cin?”                “Jadi Bun” Kata Pleki. “Emang knapa?”                                                                              “Bunda titip beliin cengek di pasar yah?”                                                                                 “Oke bun, beres.

……………….

Setelah selese urusannya di rumah Mei-Cin, Pleki mampir ke pasar, langsung meluncur ke lapak mister Dulkamit, langganan keluarganya sejak jaman Oma mulai usaha buka katering dulu.

“Eh elu Plek” Mang Dulkamit nyapa. “Mo beli apaan? Disuru mama yah?”

“Iya mang, ni cabe rawit kurang kata Bunda. Minta seperempat aje Mang”

“Okeh, ni dia, mamang pilihin yang bagusnya. Cengek dua setengah ons. Jadi lima belas rebu tujuh ratus lima puluh perak Plek” (nah, usilnya Dulkamit mulai tuh). “Dah lah mabelas gope ajah Plek”

“Hwarakadah..!! mahal bener mang? Si Pleki terkejut alang-kepalang [huahahaha] “Yang bener aja mang?”

Si Mang Dulkamit maklum ‘”kali ni anak gak tau cabe lagi mahal ya'” pikirnya dalem hati. Baru aja mau njelasin, eh Pleki ngomong lagi “Mamang ngasinya kebanyakan kali nih? Saya kan minta seperempat kilo, tapi mamang malah kasi dua setengah ons”

Ketawa lah si Dulkamit. “Pleki… sekilo kan sepuluh ons. Kalo seperempat ya dua setengah ons lah” sambil senyum-senyum, Dulkamit ngajarin si Pleki.

Pleki yang kebeneran lagi panas otak terus manggut-manggut sambil mulutnya menganga berasa bego, bayar duid, ambil kembalian, cabut.. (masi pasang muka bego)

Sampe di rumah, Pleki kasi cabe dan duit kembalian ke bundanya. Trus langsung masup kamar, buka-buka buku fisika dan tabel konversi satuan di buku termodinamika.

“Hoooo……” katanya “Haaaa………” [si Pleki seteres] “Hmmm.. bgitu yah” akhirnya dia dapet jawaban yang cukup memuaskan. Gak lama kemudian dia buka komputer, nge-net dan cari software konversi satuan buat di install di kompu nya.

================================================================

Beberapa kejadian menarik adalah:

  • Si Pleki, kuliah di jurusan Teknik Mesin, tapi sense of technique-nya belom terasah dengan baik. Padahal ini perkara satuan, yang boleh dibilang cukup fatal untuk anak Mesin.

Hasil pencarian Pleki menemukan beberapa hal yang menarik juga. Dia jadi teringat pelajaran sekolanya dulu bahwa 1 kg = 10 ons, dan 1 kg = 2 pon. Padahal dia juga nemu satuan ounce dan pound yang menunjukan angka konversi berbeda dari kg. Katanya 1 kg = 35.274 ounce dan 1 kg = 2.205 pounds.

Saya gak berani bilang tulisan merah di atas adalah salah. Tapi saya yakin bahwa tulisan hijau di atas sudah diakui secara internasional. Maka berhati-hati lah buat para teman2 yang bermain di area internasional, jangan menyamakan ons dengan ounce juga jangan menyamakan pon dengan pound . Nampaknya masih ada kesimpangsiuran penggunaan ons dan pon di Indonesia. Dan saya gak mau ikut-ikutan simpang-siur.

Kalo tertarik baca pembahasan dan diskusi yang cukup baik, coba lihat blognya pak Bram, disini.

********

  • Konversi satuan sekarang dah gak perlu bawa buku kemana-mana. Cukup lihat hape ato leptop ato komputer.

 

tampilan converber

Yang perlu software konversi satuan untuk di komputer ato leptopnya, pake aja software Converber. Saya dah lama pake. Tampilannya enak, penggunaannya mudah, bisa di-update liwat internet, jumlah file-nya kecil, dan haratis pula. Oh ya, dan ada versi portable-nya. Jadi temen2 bisa simpen di flesdis dan tinggal colok-pake dimana-mana. Untuk donwnload, silakan dateng ke situsnya xyntec, disini.

Kalo butuh buat yang di hape, sayang saya belum punya :D   Kalo ada yang tau link-nya, bagi-bagi yah🙂

********

  • Harga cabe dah mulai keliwatan mahalnya. Kesian yang pada jualan makanan, karena musti mikirin sambel dan segala macemnya itu. Untung aja Ibuku punya pohon cabe sendiri di rumah. Tu cengek yang tumbuh di halaman rumah, pedes banget. Kalo makan itu, rasanya kaya ditampar setan pake sedal jepit!

********

  • Dulkamit emang usil orangnya. Tempo hari juga dia malah ngajakin tetangganya yang lagi berantem sama isterinya untuk maen kartu begadang di rumah dia. Coba deh lihat ceritanya disini😀
pic source: ekonomi.kompasiana.com   dan   fisikarj.blogspot.com   (klik pic to go to the source)

About aditbije

finding answer
This entry was posted in ceceran kececer, Sosial dan Budaya and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s